.

Senin, 27 Desember 2010

Ujian Kenaikan Tingkat Tapak Suci

Sebagaimana sudah kita ketahui bersama bahwa beladiri Pencak Silat Tapak Suci adalah bagian tak terpisahkan dari Persyarikatan Muhammadiyah itu sendiri. Dan selazimnya setiap perguruan pencak silat mengadakan acara kenaikan tingkat bagi para anggotanya, yang antara lain bertujuan mengevaluasi apakah para anggotanya telah mampu atau bahkan mahir melakukan jurus-jurus yang telah diajarkan.
Demikian pula yang dilaksanakan oleh perguruan Pencak Silat Tapak Suci Pimpinan Daerah 29 Kediri. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2010 malam sampai dengan 31 Oktober 2010. Acara tersebut dihadiri anggota-anggota Tapak Suci dari berbagai kecamatan di Kediri yang kebanyakan ingin “naik kasta”, selain juga dihadiri Dewan Pendekar Tapak Suci dan beberapa dari Persyarikatan Muhammadiyah Pimpinan Daerah Kab. Kediri.
SD Mutu Ngadiluwih sebagai bagian dari keluarga Tapak Suci tak ketinggalan mengirimkan siswa-siswinya untuk mengikuti momen berharga tersebut. Bahkan untuk kelas 4 dan 5 diwajibkan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 Gurah Kediri tersebut, sedangkan untuk kelas 3 diperbolehkan mengikuti namun tidak wajib.


Tepat pukul 8 malam, setelah sempat diguyur hujan deras sebelumnya, maka acara tersebut dimulai. Sempat tampil dalam acara tersebut beberapa atraksi seni bela diri perwakilan dari beberapa sekolah ataupun kecamatan peserta kegiatan, tak ketinggalan pula 3 siswi SD Mutu Ngadiluwih memberikan sumbangsih berupa atraksi tongkat.
Setelah acara pembukaan selesai maka dilanjutkan dengan tes tulis, para peserta diwajibkan menjawab beberapa pertanyaan yang tertulis di lembaran.
Setelah tes tulis selesai tepat pukul 11.00 malam dilakukan penjelajahan, peserta dibagi beberapa kelompok yang anggotanya berasal dari berbagai kecamatan, dipilih secara acak. Para peserta diharuskan melewati berbagai medan dan berhenti di beberapa pos yang telah dijaga oleh senior. Menjelang subuh para peserta sudah berkumpul kembali di SD Muda Gurah dan beristirahat.
Mengingat begitu padatnya acara dan tentu membuat peserta penat dan jenuh, maka pagi hari itu dilakukanlah sedikit senam peregangan dan dilanjutkan jalan-jalan pagi menikmati indahnya pagi dan pemandangan di sekitar tempat Ujian Kenaikan Tingkat tersebut. Dan ketika para peserta kembali datang di tempat semula, sarapan pagi sudah menanti untuk dinikmati..hmm..sedap, nikmatt.
Acara terakhir sebagai acara inti adalah tes kemampuan gerakan beladiri Tapak Suci yang selama ini sudah diajarkan di tempat latihan masing-masing. Para peserta berkelompok-kelompok dalam hal ini, karena masing-masing peserta bisa jadi tidak sama tingkatnya. Mereka dikelompokkan berdasarkan tingkatnya, melati 1 sekelompok dengan melati 1 yang lain.
Sekitar jam 11.00 siang semua kegiatan selesai dan diakhiri dengan penutupan sederhana, saling berjabat tangan serta berfoto bersama. Semoga kegiatan tersebut bermanfaat positif dalam perkembangan kepribadian siswa. Khususnya dalam hal menumbuhkan rasa percaya diri.

2 komentar:

azaria beryl mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
azaria beryl mengatakan...

asalammualikum Sd mutu


semoga sukses dan terus maju

Posting Komentar

 

Blogger